Sophan Sophian dikenal sebagai sosok berjiwa nasionalisme tinggi. Bahkan di saat terakhirnya, suami Widyawati ini berpesan agar bangsa Indonesia menjadi bangsa yang tertib.

“Keinginannya sangat sederhana. Dia ingin bangsa Indonesia bisa menjadi bangsa yang tertib,” kenang Slamet Rahardjo Djarot, usai pemakaman sahabatnya, di TPU Tanah Kusir, Jakarta Selatan, Minggu (18/5/2008).

Di mata tokoh perfilman nasional ini, Sophan merupakan sosok yang sangat sederhana, jujur, dan sangat mencintai bangsanya. Tidak heran jika sahabat dekatnya itu ingin selalu dapat menyumbangkan sesuatu untuk Indonesia.

“Dia itu orang yang sederhana, terlalu lurus, dan putih. Kesalahan dia adalah dia orang jujur yang hidup di negeri seperti ini,” ujar aktor tahun 1970-an ini.

Sebagai tokoh yang sama-sama terlibat dalam membangkitkan perfilman era 1970-an, Sophan ternyata sering curhat seputar permasalahan bangsa kepada Slamet Rahardjo. “Dia itu tampak frustasi dengan keadaan bangsa yang sekarang ini,” imbuhnya.

Kenangan Slamet bersama Sophan sungguh membuat dirinya sangat kehilangan sahabat. Meski memiliki karakter keras, di mata Slamet, Sophan tetaplah sahabat terbaik yang pernah singgah dalam hidupnya.

“Jujur saya sebagai sahabat sangat kehilangan dia. Saya sama dia itu punya kedekatan yang bisa dibilang sangat dekat,” tutupnya.

http://celebrity.okezone.com/index.php/ReadStory/2008/05/18/33/110267/keinginan-terpendam-sophan-sophian