Lagu yang dikenal dengan sebutan ’Lagu Gaby’ hingga kini masih ramai diperbincangkan. Kepemilikan lagu ini menjadi misteri karena muncul dan beredar di internet plus dibumbui cerita mistis, tapi tidak diketahui pasti siapa pencipta dan penyanyi lagu ini.

Hari Kamis (17/7), bertempat di Pisa Kafe, Menteng, Jakarta Pusat, muncul orang yang mengaku sebagai penyanyi dan pencipta lagu yang berjudul Tinggal Kenangan (Jauh) ini.

Warta Kota/nur ichsan
Pa’i, Abe, dan Roy Suryo

Penyanyi tersebut bernama Abe atau bernama asli Andi Besse. Abe muncul bersama Pa’i, musisi yang mengaku pencipta Iagu ini. Mereka menggelar jumpa pers didampingi pakar komunikasi dan IT, Roy Suryo. Pa’i sendiri adalah personel Caramel Band dari Makassar, Sulawesi Selatan.
Menurut Pa’i, pada tanggal 11-16 Juli 2005, saat Sanggar Dipanegara mengisi acara pada peringatan ulang tahun ke-6 STIMIK Dipanegara, dirinya bertemu dengan Abe yang ketika itu meminta izin kepadanya untuk membawakan lagu itu karena kebetulan liriknya dianggap cocok bagi Abe yang sedang patah hati.
“Abe minta izin sama saya untuk menyanyikan lagu Tingal Kenangan (Jauh) karena dirinya mengaku sedang patah hati. Ya sudah saya perbolehkan,” kata Pa’i.
Sedangkan Abe mengaku kedatangannya pada acara konferensi pers di Pisa Kafe kemarin adalah untuk mengklarifikasi berita-berita yang dinilainya simpang siur terkait lagu yang dinyanyikannya.
“Orang yang menyanyikan lagu Tinggal Kenangan (Jauh) yang di internet adalah saya. Saya yang menyanyikan lagu tersebut setelah mendapatkan izin dari penciptanya, yakni Pa’i,” tuturnya.
Sementara itu Roy Suryo membantah bila dirinya bersikap memihak. Menurutnya kehadiran dirinya dalam kasus ini hanyalah memberikan kontribusi sesuai dengan bidangnya dan tidak mau terlibat lebih jauh. ”Saya ikut angkat bicara, karena persoalan lagu ini sudah sampai kepada pembohongan publik, bahkan berbau mistis,” katanya.
Dia membenarkan bahwa rekaman lagu itu dinyanyikan Abe setelah melalui beberapa kali uji dan telaah satu per satu contoh rekaman dari berbagai sumber yang mengaku penyanyi lagu itu. Kesimpulannnya mengarah kepada  Andi Besse.
Pa’i menambahkan bahwa lagu Tingal Kenangan (Jauh) pada 2006 sudah booming di Makassar dan sekitarnya, bahkan sampai disiarkan di sejumlah radio ternama di kota itu. Oleh karena itu dirinya heran ketika pada 2008 mengetahui ada orang lain yang mengaku-ngaku menyanyikan lagu tersebut.

http://www.wartakota.co.id/index.php?option=com_content&task=view&id=6133